Cari Artikel

Kamis, 19 November 2009

To Do List Sebagai Pemimpin

Memilih menjadi seorang pemimpin tentunya ada banyak daftar kerja yang harus dipikul. Berikut ada beberapa hal yang perlu Anda asah.

Tugas seorangpemimpin atau pengusaha adalah kemampuan menggerakkan atau membantu karyawan dalam melaksanakan hubungan dengan klien. Seorang pemimpin atau pengusaha harus bisa meyakinkan orang lain (klien), dan tidak memikirkan diri sendiri.

Strategi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin untuk bisa membangu leadership (kepemimpinannya) adalah :

* Memiliki visi dan menerapkan visinya
* Seorang pemimpin yang hakiki adalah yang mampu menelan pil pahit, mampu mengambil keputusan - keputusan penting dan mencapai dapat tujuan yang diharapkan.
* Memilliki kemampuan berkreasi dalam menjalankan kegiatannya.
* Memiliki energi dan antusiasme untuk mempengaruhi dan memotivasi orang lain.
* Mampu menghadapi tantangan dan mengatur anak buahnya dengan bijak.

Untuk mencapai keberhasilan mengelola bisnis, seorang pemimpin harus bisa menyusun konsep business plan yang jelas bagi perusahaannya dengan tujuan untuk menciptakan sinergi kepada anak buahnya sehingga terfokus pada satu visi, misi, dan business plan perusahaan.Kepemimpinan yang kuat sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan dan mengikuti perubahan jaman yang ada agar dapat menunjang cara kerja dan visi baru untuk masa depan.

Tantangan terberat bagi seorang pemimpin adalah menjaga gawang untuk mengawasi perubahan - perubahan yang terjadi di perusahaan, dan upaya menggerakkan sikap produktif tim SDM untuk mengetahui perkembangan perusahaan serta mencari inovasi baru untuk mendukung business plan perusahaan. Modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah jiwa kepemimpinannya sehingga mereka bisa membaca lebih dini problem solving strategic perusahaan.


Sumber : Buku MENGELOLA USAHA DENGAN TEPAT , Karangan : Jackie Ambadar, Miranty Abidin & Yanti Isa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...