Cari Artikel

Kamis, 19 November 2009

Mengapa Saya Harus Memulai Sebuah Bisnis Sementara Saya Mempunyai Pekerjaan Yang Menyenangkan?

Apa keuntungan MENJADI BOS bagi diri sendiri?

Orang-orang yang terjun ke dunia bisnis mempunyai berbagai macam alasan. Alasan yang paling umum yang sering disebut adalah untuk menciptakan kemkmuran, yang berarti menikmati kebebasan dan kemedekaan, menciptakan penghasilan “pasif”, dan gairah. Mari kita selidiki alasan-alasan tersebut dan kita akan lihat mana yang sesuai bagi Anda.

Apa keuntungan MENJADI BOS bagi diri sendiri?

* Menciptakan kemakmuran yang berarti.

Selama Anda menjadi seorang pekerja, penghasilan yang Anda peroleh terbatas sekali, tidak peduli seberapa banyak upah yang Anda berikan kepada perusahaan tempat Anda bekerja. Remunerasi berbasis kinerja di dalam kebanyakan pekerjaan profesional, biasanya akan diwujudkan dalam bentuk bonus atau kenaikan gaji berkala. Masalahnya, bonus dan kenaikan gaji berkala ini tergantung pada bagaimana kolega Anda yang lain melaksanakan pekerjaan mereka dan biasanya hasil yang dicapai akan dialokasikan sesuai dengan kebijakan atasan Anda. Pada saat yang sama remunerasi tambahan Anda hanya merupakan sebagian kecil dari tambahan laba yang Anda peroleh bagi perusahaan. Dengan perkataan lain, sebagai seorang direktur pengembangan usaha yang sangat giat, Anda berhasil meraih tambahan laba sebesar $1juta, tetapi Anda hanya menerima $50.000 saja (itupun kalau nasib Anda baik) sebagai insentif. Jadi kecil kemungkinan Anda menjadi kaya dan makmur dalam ukuran yang cukup berarti bila Anda tetap menjadi seorang pekerja.

Seandainya Anda seorang pemilik bisnis, maka Anda dapat menentukan berapa banyak keuntungan yang ingin Anda capai setiap tahun. Remunerasi dan laba Anda terkait langsung dengan seberapa baik Anda mengelola dan mengembangkan usaha Anda. Jelaslah bahwa tidak ada batas berapa banyak yang mungkin dapat Anda hasilkan. Di samping membayar gaji bagi diri sendiri dan mengambil bagian dari laba yang dihasilkan, Anda juga dapat menjual saham di dalam bisnis Anda. Itulah cara bagaimana orang-orang yang paling kaya di dunia ini menciptakan kemakmuran mereka. Mereka menjual saham perusahaan yang mereka bangun. Sekarang Bill Gates adalah orang terkaya di dunia, dan ia menjadi kaya bukan dari menjual perangkat lunak dan mengambil gaji untuk dirinya sendiri, tetapi dengan menjual saham microsoft. Sebuah survei atas orang terkaya di Amerika menunjukkan bahwa lebih dari 95% dari antara mereka berhasil menimbun kekayaan dengan cara embuka usaha bagi diri mereka sendiri.



* Menikmati kebebasan kemerdekaan.

Banyak orang menjadi wirausahawan hanya karena mereka suka mengatur kehidupan mereka sendiri. Mereka ingin duduk di kursi pengendali dan tidak ingin melapor kepada siapapun juga. Mereka ingin mengambil sebuah keputusan dan memikul semua tanggung jawab. Mereka ingin memutuskan jam berapa akan berangkat kerja setiap hari. Mereka ingin memutuskan produk apa yang akan dijual. Mereka ingin memutuskan dengan pasti bagaimana cara menjalankan usaha. Dengan perkataan lain, mereka ingin menjadi bos bagi diri sendiri.

* Menciptakan penghasilan pasif.

Mendirikan dan membangun bisnis sendiri memungkinkan Anda pada akhirnya menciptakan penghasilan pasif bagi diri sendiri. Apakah penghasilan pasif itu? Baiklah, ada dua bentuk penghasilan, aktif dan pasif. Penghasilan aktif adalah uang yang Anda peroleh dengan mengorbankan waktu Anda untuk bekerja. Contoh yang paling baik adalah gaji yang Anda peroleh. Sebagai seorang pekerja, Anda selalu mendapatkan penghasilan aktif. Masalahnya Anda harus terus bekerja (menjadi aktif) untuk mendapatkan penghasilan Anda. Anda tidak mempunyai pilihan selain terus bekerja sampai Anda pensiun.

Tetapi penghasilan pasif seperti uang sewa, royalti, bunga investasi, dan deviden saham adalah penghasilan yang Anda peroleh tanpa harus aktif bekerja. Sayangnya, sementara Anda tetap menjadi seorang pekerja, pada umumnya bentuk penghasilan ini tidak cukup untuk menutupi pengeluaran Anda. Satu-satunya cara menciptakan penghasilan pasif yang cukup berarti sehingga dapat melampaui pengeluaran Anda adalah dengan membangun sebuah bisnis yang pada akhirnya dapat berjalan tanpa Anda sendiri terlibat secara aktif di dalamnya. Bisnis tersebut menjadi wahana penghasilan pasif yang besar untuk menghasilkan laba bagi Anda setiap bulan dan itu berarti Anda bisa mengambil pensiun lebih dini!

* Gairah.

Alasan terakhir ini adalah alasan paling penting yang mampu menggerakkan orang untuk terjun ke dunia bisnis. Gairah menggerakkan mereka untuk melakukan apa yang mereka sukai dan mendirikan sebuah bisnis untuk hal itu. Dapat dipastikan bahwa Anda gagal bila Anda tidak bergairah dalam usaha yang akan Anda jalankan. Jadi bila Anda ingin memulai sebuah usaha yang bergerak di bidang penitipan anak-anak, Anda harus memiliki gairah dan minat akan anak-anak serta pendidikan. Tetapi bila Anda berbisnis hanya untuk memperoleh uang belaka, maka halangan sudah menghadang di depan Anda. Mengapa?

Beberapa tahun pertama setelah menjalankan bisnis ini adalah masa yang paling sulit dan melelahkan. Anda akan mengalami berbagai kegagalan dan frustasi yang berat. Bila Anda tidak mempunyai gairah yang mampu menarik Anda keluar dari semua itu, mungkin Anda akan berhenti di tengah jalan. Bagaimana cara Anda mengetahui bahwa Anda memiliki gairah terhadap sesuatu? Untuk itu Anda harus menguji diri sendiri,”Seandainya saya menangkan undian dan mendapat hadiah $1juta, apakah saya masih ingin menjalankan bisnis itu?” bila jawabnnya ya, maka Anda benar-benar bergairah terhadap bisnis tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...