Cari Artikel

Kamis, 19 November 2009

Fokus Pada Lingkaran Pengaruh Anda

Seorang penulis dan guru dalam kepemimpinan, Stephen Covey menyarankan untuk berfokus hanya pada hal-hal yang bisa kita kendalikan. Dia menggaris bawahi "lingkaran perhatian" adalah segala sesuatu yang membuat kita kuatir - dan lingkaran kecil di dalam lingkaran perhatian itu ada "lingkaran pengaruh" adalah sesuatu yang berada dalam kendali kita, dalam hal inilah harusnya perhatian kita terarah.

Mudah mengatakannya, tapi sulit untuk melakukannya! Mungkin itu yang Anda katakana. Apa lagi jika Anda adalah seorang wirausahawan, banyak hal yang membuat Anda sulit memilah mana yang harus menjadi perhatian Anda. Mengapa? Semakin Anda bersemangat, semakin Anda protektif dan perfeksionis terhadap apa yang Anda lakukan. Mungkin Anda kuatir dengan persaingan yang ada. Anda habis-habisan dalam beriklan untuk memadamkan kekuatiran Anda. Tetapi, mungkin yang jadi jawaban yang tepat adalah bagaimana Anda memperlakukan pelanggan yang sudah Anda miliki saat ini. Merekalah yang ada dalam lingkaran pengaruh Anda.

Jika Anda diminta menuliskan apa yang ada di lingkaran pengaruh Anda, mungkin Anda bingung. Seringkali, banyak orang tidak tahu apa yang ada dalam kendalinya. Jika Anda cukup rendah hati, Anda bisa meminta pendapat dari orang-orang di sekitar Anda. Mereka akan menunjukkan apa yang ada dalam lingkar pengaruh Anda.

Contohnya, ketika Anda sedang di kejar tenggat waktu untuk melakukan presentasi dan Anda mendapati printer kantor rusak, ada orang yang memilih marah-marah dan menghabiskan energi mereka tanpa menghasilkan jalan keluar. Namun Anda bisa memilih menenangkan diri sejenak, dan menghubungi departemen lain dimana Anda bisa meminta tolong untuk mencetak bahan presentasi Anda. Jika pun tidak menemukannya, Anda bisa mencarinya di tempat penyewaan printer di luar kantor.

Hal pertama yang ada dalam kendali Anda adalah sikap. Situasi bisa saja sangat buruk, namun jika Anda menyikapinya dengan benar, apa yang Anda terima tidaklah terlalu buruk bahkan mungkin lebih baik dari yang Anda harapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...