Cari Artikel

Kamis, 19 November 2009

Bagaimana Cara Menyelenggarakan Pembukuan yang Benar?

Tanpa pembukuan yang benar, Anda takkan dapat mengetahui posisi Anda pada saat ini dan tentunya akan sangat sulit untuk mengatur pembiayaan usaha.

Karena perusahaan Anda masih tergolong kecil, maka seorang akuntan yang baik dan bersetifikat dapat membantu menyelenggarakan fungsi akuntansi Anda. Untuk kepentingan Anda sendiri dan demi ketaatan pada hukum dan peraturan yang berlaku, Anda harus selalu memutakhirkan buku-buku Anda. Tanpa pembukuan yang benar, Anda takkan dapat mengetahui posisi Anda pada saat ini dan tentunya akan sangat sulit untuk mengatur pembiayaan usaha.

Anda setidaknya perlu mempunyai sebuah buku jurnal yang mencatat penghasilan dan pengeluaran biaya. Daftar penjualan, faktur, dan catatan register kas harus Anda simpan dengan baik. Begitu juga dengan catatan pengeluaran Anda_daftar pengeluaran, buku cek, faktur dan tanda terima dari pemasok Anda, dan apa saja yang akan memudahkan akuntan Anda menyusun pembukuan Anda dan mengajukan surat pemberitahuan pajak yang harus Anda bayar dengan tepat dan cermat.

Kebanyakan bisnis baru tidak memerlukan seorang akuntan purna waktu, mereka hanya memerlukan seorang yang bersedia meluangkan waktu beberapa jam setiap minggu untuk mengerjakan semua pekerjaan tulis menulis dan menyelenggarakan pembukuan dengan benar. Mungkin pasangan Anda dapat menangani tugas-tugas itu sehingga Anda hanya perlu berjumpa dengan akuntan Anda secara berkala, misalnya sekali saja dalam setiap bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...