Cari Artikel

Kamis, 19 November 2009

Membangun bisnis coffee shop adalah mendesainnya

Salah satu bagian dalam proses membangun bisnis coffee shop adalah mendesainnya. Proses desain ini merupakan awal dari perwujudan bisnis Anda, dari bagaimana coffee shop akan terlihat dari dalam maupun luar, hingga menu apa yang Anda tawarkan. Seluruh aspek desain ini perlu Anda jabarkan di atas kertas, sehingga perencanaan Anda dapat ditangkap dengan jelas oleh investor dan kontraktor yang akan membangunnya. Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam mendesain coffee shop, simak tips dari Carl Hose, penulis dan kontributor Blue Review dan Writer's Journal.

1. Pilih lokasi dimana coffee shop akan didirikan. Jika Anda tidak dapat langsung memilih lokasi, setidaknya gambarkan tipe lokasi yang Anda cari. Lokasi memang merupakan faktor penting, karena berhubungan dengan cara Anda mendesain eksterior dari coffee shop tersebut. Jika Anda tidak memiliki gambaran lokasi secara spesifik, Anda perlu mencari beberapa ide tentang dimana letak toko yang Anda inginkan.



2. Pertimbangkan warna dan elemen dekoratif yang meningkatkan suasana coffee shop. Misalnya, bagaimana dinding interior maupun eksterior dari toko Anda dicat dengan warna-warna kopi, dan didekorasi dengan lukisan-lukisan tangan bertema kopi. Cangkir kopi, sekantung kopi dengan biji kopi yang tumpah, serta mesin penggiling kopi, adalah ide-ide desain yang baik. Selain lukisan, Anda juga dapat menambahkan dekorasi ruangan dengan barang-barang bertema kopi, seperti mesin penggiling kopi yang antik, atau koleksi cangkir kopi. Ini hanya sekadar contoh saja. Anda bisa menambahkan apa saja sesuai selera Anda.

3. Buat sketsa untuk berbagai desain sebanyak yang Anda bisa, dengan penampilan dalam maupun luar bangunan coffee shop. Semakin baik Anda dapat menjabarkan sketsa tersebut, semakin efektif sketsa tersebut bagi kontraktor untuk melaksanakan kerja konstruksinya. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan artistik untuk memindahkan desain Anda ke atas kertas, Anda perlu mempekerjakan seseorang untuk mengerjakan sketsa tersebut untuk Anda. Gambaran dari design plan ini akan membantu Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan selama tahap pembangunan. Anda juga perlu memperhatikan layout lantainya. Anda tentu ingin pengunjung dapat berjalan dengan nyaman tanpa menabrak meja pengunjung yang lain. Pertimbangkan pula furniture yang Anda gunakan. Yang pasti, Anda akan membutuhkan meja-kursi dan sudut-sudut yang nyaman bagi pengunjung untuk ngobrol sambil menikmati kopi. Stools dan meja-meja, beberapa sofa kecil, dan area untuk pengunjung yang membawa laptop adalah beberapa elemen desain yang praktis.

4. Buat desain menu dengan memikirkan apa keinginan pecinta kopi. Karena Anda mendesain coffee shop dari awal, tentu Anda juga harus mempertimbangkan item-item lain yang membantu kesuksesan coffee shop Anda kelak. Selain kopi segar yang baru dimasak, pastry, cake, atau sandwich dapat menjadi tambahan keuntungan pada menunya. Mendaftar menu yang disajikan di atas kertas, dan menemukan supplier yang cocok, adalah bagian dari proses desain yang dapat menghemat waktu dan uang Anda.


www.kompas.com

4 komentar:

  1. mas mau tanya bagaimana cara mendapakan mesin kopi yang lengkap tetapi harga terjangkau serta bagaimana cara mendapatkan kopi terbaik kira2 distri butor mana yang bisa

    BalasHapus
  2. Hai…!! Minat Order Kopi Toraja
    Minum Coffee Toraja Online Store menjual Kopi Single Origin Toraja Arabica & Robusta Toraja, Ground Beans (kopi bubuk) & Roasted Beans ( Biji kopi Sangrai)
    • Arabica Toraja Ground/Roasted Beans Medium Roast
    • Arabica Toraja Ground Beans Dark Roast
    • Robusta Toraja Ground/Roasted Beans Medium Roast
    Minat Order :
    Via Fanspage FB : https://m.facebook.com/MinumCoffeeToraja
    Via Twitter : @MinumCoffeeTrja
    Via SMS (Only) : 082347638725
    Melayani pembelian u/ eceran, dan siap mensuplay Coffeshop,Cafe,Resto,Hotel,Kedai/warung kopi,dll yg membutuhkan kopi Single Origin Toraja yg berkualitas langsung dikirim dr Rantepao – Toraja Utara,Siap kirim Sel.Indonesia

    BalasHapus
  3. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...