Cari Artikel

Kamis, 19 November 2009

Media Promo Efektif masa kini

Manfaat memiliki website sebagai media promo:

* Memperluas pangsa pasar bisnis Anda
Karena website dibangun diatas teknologi internet, berarti informasi mengenai pelayanan atau produk Anda bisa diakses oleh siapa saja yang sudah memiliki koneksi internet. Sebagai informasi, sampai bulan desember 2007 jumlah pengakses internet sudah mencapai 1.25 milyar orang setiap harinya di seluruh dunia, dimana sekitar 450 juta-nya berasal dari Asia.
Coba Anda bayangkan berapa banyak orang yang bisa Anda jadikan calon klien Anda? Sekarang coba bayangkan lagi bagaimana bila ternyata kompetitor Anda sudah terlebih dahulu memiliki website yang beroperasional setiap saat sedangkan Anda masih belum memulai apa-apa?

* Media promosi dan penjualan setiap saat
Website dapat beroperasi 24 jam sehari dan 365 hari per tahun non-stop (kecuali ketika terdapat gangguan teknis) dengan biaya operasional relatif rendah. Ini berarti seluruh informasi bisnis atau produk Anda tetap bisa diakses oleh banyak orang bahkan disaat Anda sedang tertidur lelap. Hal ini berbeda dengan media promosi lainnya, dimana materinya hanya bisa diakses oleh sebagian orang di wilayah tertentu dan waktu-waktu tertentu saja.
Apabila produk atau jasa yang Anda pasarkan cukup unik dan dapat menembus pangsa pasar luar negeri, maka website yang Anda miliki juga bisa berfungsi sebagai penghasilan pasif


* Menyajikan informasi lebih lengkap dan aktual
Website dapat memuat informasi jauh lebih lengkap dan aktual ketimbang media promosi lainnya. Sebagai contoh, pada televisi, radio dan surat kabar, semakin banyak informasi yang Anda masukkan pada media tersebut, biaya yang harus Anda keluarkan pasti juga akan semakin besar. Sedangkan pada website, jumlah informasi yang bisa Anda masukkan sangat banyak (tergantung dari kapasitas hosting) dan informasi tersebut bisa dirubah kapan saja sesuai dengan kebutuhan, misalnya ketika ada peluncuran produk baru, atau perubahan harga dan spesifikasi produk.


* Menyaring calon klien yang tidak cocok dengan Anda
Dari seluruh informasi yang telah dimasukkan kedalam website Anda, telah terlebih dahulu membuat para pengunjung menjadi "akrab" dengan jasa atau produk yang Anda tawarkan, prosedur yang harus dilakukan agar bisa melakukan kerjasama dengan Anda, dan yang paling penting ada mengenai harga Anda. Dengan "keakraban" tersebut diharapkan para pengunjung website secara otomatis sudah menentukan apakah mereka akan melanjutkan proses pembelian dan menjadi klien Anda.


* Data pemasaran (marketing) yang aktual dan murah
Melalui website, Anda bisa melakukan jejak pendapat (polling) dan survei kepada para pengunjung untuk mencari tahu apa yang sebenarnya mereka ingingkan, sehingga Anda bisa meningkatkan kualitas pelayanan atau produk Anda sesuai dengan kebutuhan pasar, yang akan mengakibatkan meningkatnya penjualan Anda.
Selain itu, dari data statistik website bisa didapatkan informasi umum mengenai pengunjung website Anda, misalnya website Anda ramai dikunjungi oleh warga negara mana saja, pada hari dan jam apa saja.


* Meningkatkan citra profesionalisme bisnis
Website yang Anda miliki akan mewakili bisnis atau produk Anda di pasar global, yang juga meningkatkan visibilitas, kredibilitas dan kepercayaan bisnis atau produk Anda. Saat ini website sudah menjadi bagian dari Corporate Identity, seperti halnya logo perusahaan atau kartu nama Anda.


* Menurunkan biaya operasional
Dengan menggunakan email sebagai media komunikasi, Anda bisa menurunkan biaya mencetak (print) dan biaya pengiriman dokumen tercetak seperti surat. Namun penurunan biaya tersebut bukannya memperlambat malah mempercepat proses surat-menyurat Anda, dikarenakan email hanya memerlukan waktu hitungan detik untuk sampai ke tujuan.

* Sumber pendapatan iklan
Hal ini memungkinkan, terutama apabila website yang Anda miliki mempunyai konten yang menarik dan selalu bertambah, sehingga mengundang banyak pengunjung. Anda bisa mendapatkan pembayaran dari pemasangan iklan pihak lain di website Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...